Pendidikan Matematika yang diterapkan di sekolah dasar, mengarahkan pada rumus, konsep, contoh, dalam menyelesaikan persoalan – persoalan deret aritmatika. Kemampuan berfikir dalam matematika diperlukan dalam menjawab soal – soal dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Kemudian peserta didik disuruh berfikir dan mencermati, sehingga pembelajarann lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan metode Pendekatan Kajian Literatur dan Analisis dokumen yaitu : mengumpulkan data dari literatur, dengan menggunakan model penelitian sinkronis, yang melacak sumber tertulis, dan berisi tentang tema dan topik yang di bahas. Serta hasil dari penelitian ini ialah banyak siswa yang memahami deret aritmatika, namun ada juga siswa yang belum memahami deret aritmatika, sehingga guru harus mengulangi materi yang telah dijelaskan. Dalam konteks matematika analisis deret aritmatika memberikan pemahaman yang mendalam dalam proses berfikir, serta melatih siswa berfikir secara kritis.
Copyrights © 2024