JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Sejarah Perkembangan Filsafat dan Sains pada Zaman Reinaisance Modern

Daulat, Daulat (Unknown)
Saragih, Elida (Unknown)
Ansyah, Ridho (Unknown)
Salminawati, Salminawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Filsafat dan Sains saling terkait. Ilmu pengetahuan diciptakan berdasarkan nalar, demikian pula ilmu pengetahuan menambah kemajuan filsafat. Filsafat terus berubah dalam seiring berjalannya waktu. Hal ini karena pemikiran manusia terus berkembang ke arah yang lebih baik. Jauh pada periode sebelum peristiwa luar biasa yang kita kenal sebagai renaisans terjadi. Munculnya Renaisance merupakan awal dari abad modern. Adapun tujuan artikel ini untuk menganalisa sejarah perkembangan filsafat dan sains pada zaman reinaisance modern. Metode yang digunakan peneliti ialah metode kepustakaan. berfikir dengan filosofis dan lahirnya pemikiran secara kritis sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, yaitu di Milite, salah satu kota di Yunani. Ketika yang berkembang adalah filsafat Barat. Kelahiran pemikiran filsafat ini berawal dari abad ke-6 SM dengan runtuhnya mite-mite dan dongeng-dongeng atau mitologi yang selama ini dipercayai oleh bangsa Yunani yang merupakan legitimasi dari setiap keanehan yang terjadi saat itu. Ilmu pengetahuan Islam yang terkandung dalam Al-Qur'an memberi makna bahwa segala keanehan yang terjadi di alam semesta merupakan petunjuk dari Allah dan menunjukkan hakikat firman-Nya serta menunjukkan keterbatasan akal manusia untuk memahami Allah secarautuh meskipun wahyu-Nya tidak bertentangan dengan akal. Hal ini menunjukkan penjelasan bahwa Sang Pencipta tidak bisa disamakan dengan apa yang Ia ciptakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...