JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Solusi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SD/MI

Siregar, Amelia Rika Fadillah (Unknown)
Wandini, Rora Rizky (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Indonesia memiliki sistem pendidikan dalam tiga jalur yaitu pendidikan formal, nonformal, dan informal. Masyarakat lebih sering mengenal jalur pendidikan formal sebagai pendidikan persekolahan. Didalam pendidikan formal terdiri dari tiga jenjang yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Jenjang pendidikan formal yang pertama adalah sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI). dalam proses pembelajaran seorang pendidik bukan sekedar menyampaikan atau menyalurkan informasi ilmu atau bahan pelajaran bagi peserta didik. sebagai sesorang yang ditiru guru harus bertanggung jawab atas perkembangan peserta didik baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan di Sekolah Dasar (SD) masih terasa sulit bagi sebagian peserta didik, terutama dalam pelajaran matematika. Namun, walaupun begitu sebagai seorang pendidik seharusnya mampu menyikapi kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran dengan cerdas dan bijaksana. selama pendidik memiliki wawasan dan pandangan yang luas, ketulusan dan integritas, dan totalitas maka dengan mudah dia akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Hakikatnya, di balik setiap masalah pasti ada solusi di baliknya. Namun terkadang kita belum mampu melihat apa solusi yang dapat diambil dan digunakan dalam menanggapi permasalahan yang mungkin dialami oleh siswa Sebagai seorang pendidik tentunya membutuhkan visi yang komprehensif dan profesionalisme tinggi karena tantangannya yang sangat besar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...