JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar

Wahyuni, Popi Ulpa (Unknown)
Ahmad, Syafri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Banyaknya siswa Sekolah Dasar yang masih mengabaikan kedisiplinan belajar menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Matematika merupakan pembelajaran yang memerlukan tekad dan disiplin belajar yang tinggi untuk menguasainya. Untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa sekolah dasar kelas VI dipengaruhi oleh disiplin belajar merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto merupakan metode pilihan untuk jenis penelitian ini. Populasinya yaitu semua peserta didik kelas VI di lima sekolah dasar, di Nagari Puah Kambar, Kecamatan Nan Sabaris yang berjumlah 102 siswa, dan sampelnya adalah 81 siswa. Kuesioner dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian yaitu koefisien korelasi (R) 0,407, hasil pengujian thitung 3,960 sedangkan ttabel 1,990, yang artinya H0 ditolak, sedangkan H1 diterima. Koefisien determinasi (R2) 17%, artinya 17% hasil belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar siswa. Akhir pengujian menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...