JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Penggunaan Strategi Active Group Resume Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam(SKI) di MTS SKB 3 Menteri Bingkat Serdang Bedagai

Muis, Abdul (Unknown)
Lubis, Khairuddin (Unknown)
Hasibuan, Dirja (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh antara variabel X (Strategi Active Group Resume) terhadap variabel Y (Minat Belajar Siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs SKB 3 Menteri Bingkat). Peneliti menggunakan analisis data menggunakan penerapan rumus correlation product moment untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi Analisis data menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% dengan nilai 0.674 >0.361 ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak maka dapat diambil kesimpulan bahwa variabel X Strategi Active Group Resume) memberikan pengruh yang signifikan terhadap variabel Y (Minat Belajar Siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs SKB 3 Menteri Bingkat Kabupaten Serdang Bedagai). Sedangkan dalam hasil ujit-t memperoleh nilai signifikansi 0.000 dan nilai uji-t memperoleh nilai sebesar 16.359.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...