JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs GUPPI Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan

Nabila, Salwa (Unknown)
P, Fuji Rahmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Implementasi manajemen kelas dalam Meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di mts guppi pematang sijonam. Faktor pendukung dan penghambat guru mengelola kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan agama islam di mts guppi pematang sijonam Penelitian ini bertujuan untuk meninjau penerapan manajemen kelas dalam hal meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter siswa dalam hal penerapan manajemen waktu bealajar, shalat dan membaca Al-Qur'an. Faktor pendukung adalah fasilitas kelas, kerja sama yang baik antara guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan orang tua. Faktor penghambatnya adalah latar belakang pendidikan yang minim, lingkungan bermain. Temuan dalam penelitian ini berimplikasi pada teori manajemen guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...