Pengembangan Karir Guru adalah suatu upaya meningkatkan kualitas dan karir guru yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam rangka mencapai karir yang lebih tinggi dengan menggunakan indikator pendidikan, pelatihan dan promosi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri Se-Kota Padang berjumlah 818 guru dengan sampel penelitian 135 guru yang akan diambil berdasarkan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket model skala Likert. Angket tersebut diuji validitas dan realibilitas dibantu dengan program SPSS. Teknik Analisis data menggunakan rumus rata-rata Mean. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan Karir Guru ditinjau dari program 1) pendidikan berada pada kriteria baik memperoleh skor rata-rata 4,18 dengan TCR (83,57%), 2) pelatihan berada pada kriteria baik memperoleh skor rata-rata 4,25 dengan TCR (85,04%), 3) promosi berada pada kriteria baik memperoleh skor rata-rata 4,30 dengan TCR (85,94%). Demikian disimpulkan bahwa pengembangan karir guru di SMK Negeri se-Kota Padang berada pada kriteria baik memperoleh skor rata-rata 4,24 dengan TCR (84,85%).
Copyrights © 2024