JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Karir Guru di SMK Negeri Se-Kota Padang

Ramadhani, Fajar (Unknown)
Gistituati, Nurhizrah (Unknown)
Irsyad, Irsyad (Unknown)
Sulastri, Sulastri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Pengembangan Karir Guru adalah suatu upaya meningkatkan kualitas dan karir guru yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam rangka mencapai karir yang lebih tinggi dengan menggunakan indikator pendidikan, pelatihan dan promosi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri Se-Kota Padang berjumlah 818 guru dengan sampel penelitian 135 guru yang akan diambil berdasarkan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket model skala Likert. Angket tersebut diuji validitas dan realibilitas dibantu dengan program SPSS. Teknik Analisis data menggunakan rumus rata-rata Mean. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan Karir Guru ditinjau dari program 1) pendidikan berada pada kriteria baik memperoleh skor rata-rata 4,18 dengan TCR (83,57%), 2) pelatihan berada pada kriteria baik memperoleh skor rata-rata 4,25 dengan TCR (85,04%), 3) promosi berada pada kriteria baik memperoleh skor rata-rata 4,30 dengan TCR (85,94%). Demikian disimpulkan bahwa pengembangan karir guru di SMK Negeri se-Kota Padang berada pada kriteria baik memperoleh skor rata-rata 4,24 dengan TCR (84,85%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...