JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Problem Based Learning pada Tema 3 Subtema 2 di Kelas V SDN 064994 Medan Marelan T.A 2023/2024

Sari, Ratih Ayu Mustika (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)
Prawijaya, Septian (Unknown)
Sembiring, Masta Marselina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media game edukasi berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 di Kelas V SDN 064994 Medan Marelan T.A 2023/2024. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sd 064994 Medan Marelan yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian kevalidan oleh ahli materi “Sangat Valid” dengan perolehan hasil 90%. Sedangkan pada ahli desain media dengan hasil 84% dengan kriteria “Sangat Valid”. Penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi memperoleh hasil 95,7% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Hasil pre-test memperoleh 52,75% dan hasil post-test memperoleh 88%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media game edukasi berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 064994 Medan Marelan T.A 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...