JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Benime Whiteboard Animation pada Tema 3 Tugas Sehar-Hari Kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan T.A 2023/2024

Nasution, Febry Andani (Unknown)
Faisal, Faisal (Unknown)
Siregar, Arifin (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Simanungkalit, Erlinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Benime Whiteboard Animation yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran tematik di kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan T.A 2023/2024. Metode penelitian menggunakan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validitas oleh ahli materi (dosen) memperoleh skor 50 (83%) dengan kriteria “Sangat Valid”. Penilaian oleh ahli media (dosen) memperoleh skor 51 (85%) dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian praktikalitas oleh ahli praktisi (guru) kelas II memperoleh skor 60 (100%) dengan kriteria “Sangat Praktis” penilaian peserta didik Kelas II SDN 200212 Padangsidimupuan memperoleh skor 169 (93%) dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian efektivitas oleh siswa kelas II menunjukkan perubahan nilai peserta didik menjadi meningkat dibuktikan dengan hasil pre-test memperoleh nilai 49,75% dan hasil post-test memperoleh nilai 87,25%. Berdasarkan keefektivitasan penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Benime Whiteboard Animation dengan kriteria “Efektif” dan persentase 77 %.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...