JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Meta-Analisis Pengembangan Media Permainan Truth Or Dare

Sri Rahma, Yanisa (Unknown)
Fajrina, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Minat belajar merupakan hal penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu upaya untuk membangkitkan minat belajar peserta didik yaitu mengembangkan media permainan Truth or Dare. Permainan Truth or Dare adalah permainan kartu yang berisikan pertanyaan untuk dijawab secara benar dan berisi tantangan yang harus dilakukan secara berani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media permainan Truth or Dare. Meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan artikel sejenis dari hasil pencarian beberapa jurnal melalui Google Scholar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 aritkel terkait pengembangan media permainan Truth or Dare. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata tingkat validitas pengembangan media permainan Truth or Dare sebesar 86,42% dengan kategori valid, sedangkan rata-rata tingkat praktikalitas sebesat 91,45% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil meta-analisis, pengembangan media permainan Truth or Dare dapat dikategorikan valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...