JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Literasi Digital dan Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI MTs Se-Kabupaten Kepahiang

Supriyadi, Supriyadi (Unknown)
Kusen, Kusen (Unknown)
Anshori, Sakut (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2024

Abstract

Pemahaman guru PAI terhadap literasi digital dan pemanfaatan sarana pembelajaran sangat penting yang seharusnya mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh literasi digital dan media pembelajaran berbasis TIK terhadap kompetensi pedagogic guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs se-Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah complete sampling dengan total 33 guru PAI dari 99 MTs yang tersebar di Kabupaten Kepahiang. Penelitian menemukan bahwa guru PAI MTs di Kabupaten Kepahiang memiliki tingkat literasi digital yang tinggi, dengan 86,5% guru sadar akan sumber belajar digital. Mereka mampu menggunakan materi pembelajaran berbasis TIK, menggunakan aplikasi, jejaring sosial, dan internet untuk mencari dan menyediakan media pembelajaran. Pemanfaatan teknologi di dalam kelas dinilai baik dengan skor rata-rata 85,6%. Guru PAI menunjukkan kemampuan pendidikan yang baik, antara lain menilai keterampilan siswa, menawarkan pembelajaran terstruktur secara sistematis, mengidentifikasi masalah pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran secara efektif. Literasi digital berdampak signifikan terhadap keterampilan pedagogi guru PAI MTs di Kabupaten Kepahiang, meningkatkan kompetensi pedagogiknya. Media pembelajaran berbasis TIK meningkatkan desain pembelajaran, komunikasi, kerjasama tim, dan pengembangan pengetahuan siswa. Namun, guru harus terus memperkuat keterampilan teknologinya agar tetap relevan di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...