JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Tema 1 Subtema 3 Siswa Kelas VI SDN 091609 Sinaksak

Damanik, Maysi Imelda Tiarani (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)
Manurung, Imelda Free Unita (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan kefektifan penggunaan media pembelajaran articulate storyline pada tema 1 subtema 3 pembelajaran 3 untuk siswa kelas VI SDN 091609 Sinaksak. Jenis penelitian ini penelitian pengembangan R&D menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas VI SDN 091609 Sinaksak T.A 2023/2024 berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media articulate storyline pada tema 1 subtema 3 pembelajaran 3 dinyatakan sangat layak dengan skor validator ahli angket sebesar 96%, validator ahli materi 93,3%, validator ahli media 90%, dan validator ahli soal sebesar 96,6%. 2) Penilaian guru kelas VI SDN 091609 Sinaksak dinyatakan sangat praktis diterapkan dengan skor 90%. 3) Hasil pengerjaan pretest dan posttest siswa dinyatakan efektif dengan N-Gain persentase 77%, dan hasil respon siswa terhadap penggunaan media articulate storyline dinyatakan sangat praktis dengan persentase 92%. 4). Media interaktif berbasis articulate storyline pada tema 1 sub tema 3 pembelajaran 3 layak, praktis, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...