JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Geografi Bagi Peserta Didik Fase E SMA

Rahmi, Rahmi (Unknown)
Syafril, Syafril (Unknown)
Hidayati, Abna (Unknown)
Rahmayanti, Elsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Dengan menggunakan multimedia pembelajaran dapat menunjang pemahaman peserta didik dalam menguasai materi pelajaran Geografi. Multimedia pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Powerpoint dan I Spring Suite akan membuat pembelajaran berlangsung lebih fleksibel karena peserta didik dapat menyesuaikan dengan tempat dan waktu untuk belajar. Multimedia juga dapat menyajikan materi secara lebih lengkap dan mendetail. Model pengembangan penelitian ini adalah model pengembangan yang dikenal dengan istilah (Research & Development). Prosedur pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model 4D, yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, Disseminate. Uji validasi produk dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada peserta didik SMA Negeri 1 Banuhampu tahun ajaran 2023/2024 pada semester II. Uji praktikalitas dilakukan kepada 30 orang peserta didik untuk menguji kepraktisan produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi media oleh dua orang ahli media diperoleh skor rata-rata 4,82 dengan kategori sangat valid. Demikian juga hasil validasi materi oleh guru diperoleh skor rata-rata 4,81 dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas kepada peserta didik diperoleh skor rata-rata 4,77 dengan kategori sangat valid. Jadi berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan ini telah Valid dan Praktis sehingga dapat digunakan pada pembelajaran Geografi bagi peserta didik Fase E SMA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...