Permasalahan yang ditemukan yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode ceramah dan bahan ajar konvensional. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik, sehingga minat dan keaktifan peserta didik menurun. Dampaknya, peserta didik jenuh, kurang fokus, dan sulit memahami materi secara mandiri. Ketergantungan pada guru pun tinggi. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran LKPD-E pada mata pelajaran Informatika sebagai alat atau media yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi. Model pengembangan penelitian ini adalah model pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan penelitian ini yaitu model 4D. Uji validitas oleh tiga orang validator yaitu dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada peserta didik SMP Negeri 25 Padang. Hasil validitas media dikategorikan “Valid dengan revisi ringan” dengan nilai 98%. Hasil validasi penilaian oleh ahli materi juga dikategorikan “Valid dengan revisi ringan” dengan nilai 95,1%. Hasil praktikalitas produk LKPD-E berada pada kategori “Praktis” dengan nilai 91%.
Copyrights © 2024