JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pelaksanaan Program Tahfidz di MI Ikhlasiyah Palembang

Azizah, Nur (Unknown)
Marlina, Leny (Unknown)
Rohman, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan program tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang serta faktor pendukung dan penghambatnya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif fenomenologi, informan meliputi Kepala Sekolah, Ketua Program Tahfidz, Guru Tahfidz, dan Siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman, dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasilnya menunjukkan pelaksanaan program sudah sesuai harapan namun belum optimal. Koordinasi dilakukan tiap awal semester tetapi kendala masih ada dalam mencapai target hafalan. Motivasi dari kepala sekolah dan guru, komunikasi yang baik, serta pengarahan terhadap anggota dan siswa menjadi faktor pendukung. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program termasuk motivasi, usia siswa, keberadaan guru tahfidz, lingkungan sosial, penguasaan makhrorijul huruf dan tajwid siswa, serta kebiasaan mengulang hafalan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...