Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 6 No 1: FEBRUARI (2024)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK DALAM MATERI RAGAM SUKU BANGSA DAN BUDAYA PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 BIMA

Nurhidayati, Nurhidayati (Unknown)
Juhannis, Hamdan (Unknown)
Rivai, Immawati Nur Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan: a) Untuk membandingkan penerapan sebelum menggunakandan ketika menggunakan media pembelajaran Pop Up Book pada mata pelajaran IPS di kelasIV MIN 1 BIMA. b) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Pop Up Book terhadaphasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIN 1 BIMA. Penelitian inimerupakan penelitian kuantitatif jenis Eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen Design.Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV MIN 1 BIMA tahunpelajaran 2022/2023, yang jumlahnya 63 orang. Pengambilan sampel dengan teknik purposivesampling diperoleh sampel dengan jumlah peserta didik 44 peserta didik. Untukmengumpulkan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan dokumentasi. Kemudiandianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa :1) Hasilbelajar peserta didik sebelum penggunaan media pembelajaran Pop Up Book berada padakategori “sedang” dengan nilai pretest tertinggi 60 dan terendah 20 sehingga rata-rata 40,91dan posttest tertinggi 90 dan terendah 50 sehingga rata-rata 66,36. Hasil belajar peserta didikketika penggunaan media pembelajaran Pop Up Book berada pada kategori “tinggi” dengannilai pretest tertinggi 70 dan terendah 20 sehingga rata-rata 42,73 dan posttest tertinggi 90 danterendah 50 sehingga rata-rata 71,36. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didiksebelum penggunaan media pembelajaran Pop Up Book memiliki kategorisasi “sedang”dengan nilai pretest 60-20 dan posttest 90-50 sedangkan ketika penggunaan media pembelajaranPop Up Book dengan kategorisasi “tinggi” dan nilai pretest 70-20 dan posttest 90-50. Perbedaanhasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari hasil perhitungan uji T, dimana = 5,674sedangkan nilai= 1,681 artinya nilai > nilai. Dari hasil analisis p-value = 0,000/2 = 0 < 0,05atau nilai signifikasi lebih kecil dari taraf kesalahan yang ditentukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...