Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 6 No 2: AGUSTUS (2024)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE SIMAK UCAP ULANG TERHADAP HASIL BELAJAR

Asri, Fadeliah (Unknown)
Djafar, Hamsiah (Unknown)
Rivai, Immawati Nur Aisyah (Unknown)
Garancang, Sabaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran simak ucap ulang terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas III MI Tarbiyahsebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa perhitungan pada hasil belajar pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 69,14% dan skor rata-rata nilai post-test sebesar 92,59% hal ini menunjukkan bahwa hasil belajarbahasa Indonesia peserta didik menggunakan metode simak ucap ulang termasuk kategori sangat baik, mengalami peningkatan hasil belajar dan sebanyak 29 orang pesertadidik yang mencapai kategori Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan satu orang tidak mencapai kategori ketuntasan. Hal ini membuktikan bahwa metode simak ucap ulangefektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MI Tarbiyah Kab. Takalar. Implikasi dari penelitian ini adalah bagipendidik dapat menggunakan metode simak ucap ulang untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Selain itu, agar kiranya pendidik dapat terdorong untuk mengikuti seminar dan diklat untuk menambah wawasan dalam meningkatkan metode pembelajaran dan juga penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitianlebih lanjut. Dan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis terlihat bahwa metodesimak ucap ulang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesiapeserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...