JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Efektivitas Pelatihan School Well Being dalam Meningkatkan Pemahaman Guru dalam Mencegah Kekerasan Siswa di Sekolah

Rasyid, Nurfajriyanti (Unknown)
Agussalim, Amirah Aminanty (Unknown)
Ahmad, Astiti Tenriawaru (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Pelatihan ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan dan langkah awal sekolah untuk menghidupkan lingkungan yang positif dan sehat bagi para siswa sehingga siswa bisa lebih nyaman dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu pelatihan ini di ikuti sebanyak 32 peserta yang terdiri dari berbagai sekolah. Adapun metode yang digunakan metode pendekatan ceramah partisipatif, dialog/tanya jawab, dan tugas individu. Pendekatan ceramah partisipatif maksudnya peserta pelatihan dapat ikut serta selama kegiatan dari awal hingga akhir dengan terlibat penuh mendengar presentasi, aktif bertanya dan berpartisipasi dalam mengerjakan tugas individu. Diadakan juga sharing life untuk berbagi pengalaman satu sama lain. Sebelum penyampaian materi peserta diarahkan untuk mengisi pre test terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat pemahaman awal siswa terhadap materi. Materi disampaikan secara dialogis, sehingga terjadi interaksi antara peserta dengan fasilitator pelatihan. Setelah pemaparan materi diikuti dengan tanya jawab antara fasilitator dengan peserta. Pada tahap selanjutnya fasilitator mengajak peserta untuk mengisi post test untuk mengetahui efektivitas pelatihan yang telah dilaksanakan. Adapun hasil yang diperoleh Berdasarkan hasil pre test dan post test yang telah dilakukan dapat kita simpulkan bahwa pelatihan school well being untuk mencegah kekerasan di sekolah sangat efektif karena hasil pre test dan post test mengalami peningkatan yang signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...