JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pelaksanaan Administrasi Kesiswaan di MTs Nurul Akhlaq Desa Biaro Baru Kecamatan Karang Dapo Kebupaten Musi Rawas Utara

ilham, Rinaldo (Unknown)
Setyaningsih, Kris (Unknown)
Safitri, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan administrasi kesiswaan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Akhlaq Desa Biaro Baru, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara. Penelitian ini adalah studi kasus kualitatif yang menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi diperoleh dari tata usaha sebagai informan kunci, serta kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai informan pendukung. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan administrasi kesiswaan dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien jika menerapkan; 1) perlunya koordinasi antar bagian yang memberikan pelayanan administrasi, terutama bagian waka kurikulum yang kurang berkoordinasi dengan bagian tata usaha terkait kebutuhan siswa; 2) memaksimalkan komunikasi antar tiap bagian agar pelaksanaan administrasi dapat berjalan efektif; 3) pemberian motivasi dari pimpinan inut dibawahnya agar dapat memaksimalkan pemberian pelayanan; 4) pemberian arahan yang mudah dipahami, baik kepada siswa maupun kepada pemberi layanan. Proses pelaksanaan administrasi kesiswaan didukung oleh fasilitas administrasi yang memadai serta kerja sama siswa sebagai pemilik kebutuhan. Meskipun terdapat kendala-kendala yang dihadapi yaitu dari siswa yang sebagian besar masih sungkan dan takut untuk mengutarakan kebutuhannya serta keterampilan staff tata usaha dalam memberikan pelayanan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...