JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Media E-Learning Berbasis Moodle

Fitrawansah, Fitrawansah (Unknown)
Sultan, Sultan (Unknown)
Alif, Jeffits Khusnu (Unknown)
Isma, Aam Azatil (Unknown)
Yope, Sri Aisyah (Unknown)
Harviani, Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi model pembelajaran flipped classroom menggunakan media e-learning berbasis Moodle pada mata kuliah pengantar manajemen keuangan serta mengukur efektivitasnya terhadap hasil belajar mahasiswa pada program studi bisnis digital. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan sequential exploratory design. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, paired sample t-test, dan N-Gain. Hasil analisis menunjukkan signifikansi perbedaan antara pretest dan posttest pada hasil belajar mahasiswa (p = 0,001). Hasil ini menunjukkan pengaruh positif model flipped classroom berbasis Moodle terhadap hasil belajar mahasiswa. Rata-rata peningkatan hasil belajar mahasiswa dari pretest hingga posttest adalah 45,7 menjadi 71,2. Nilai N-Gain sebesar 0,4266 menunjukkan efektivitas model tersebut dalam kategori sedang dan cukup efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...