JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pemanfaatan Arang Aktif dari Limbah Padat Cangkang Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacg.) dalam Formulasi Sediaan Eyebrow Cream

Surya, Sara (Unknown)
Kamal, Sefrianita (Unknown)
Putri, Lusia Eka (Unknown)
Hafidz, Legana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2024

Abstract

Merawat tubuh sekarang tidak hanya menjadi kebutuhan kaum wanita saja, akan tetapi hal tersebut sudah menjadi hal yang penting atau primer bagi kaum laki-laki. Limbah yang dihasilkan dari pengolahan kelapa sawit salah satunya adalah cangkang sawit. Cangkang sawit ini memiliki senyawa berupa arang aktif yang memiliki banyak manfaat dalam penggunaannya. Eyebrow cream merupakan kosmetik yang memiliki fungsi dapat mempertegas bentuk alis dan mengisi bulu-bulu alis yang kosong. Tujuan penelitian untuk mengetahui arang aktif yang terkandung dalam cangkang sawit dapat di formulasikan menjadi eyebrow cream dan untuk mengetahui perbedaan konsentrasi mempengaruhi warna dalam pembuatan eyebrow cream. Formula dari sediaan eyebrow cream ini yaitu meliputi 1%, 3% dan 7%. Dalam pembuatan eyebrow cream peneliti mengelompokkan bahan menjadi dua. Fase minyak dan fase air yang kemudian dihomogenkan hingga membentuk eyebrow cream. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sediaan eyebrow cream stabil karena tidak adanya perubahan pada uji organoleptik, homogen, memiliki nilai pH 6,3-7,04, nilai viskositas 10798-14277 m.pa.s, nilai daya sebar 5,25-5,55 cm , nilai daya lekat 3,53-4,27 detik, tidak adanya efek iritasi pada kulit dan formula 3 paling disukai. Penelitian ini dapat disimpulkan arang aktif dari cangkang kelapa sawit dapat di formulasi menjadi eyebrow cream dan konsentrasi sebanyak 3% yang paling banyak disukai panelis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...