JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Efektivitas Intervensi Mindfulness dalam Meningkatkan Perasaan Pasien Skizofrenia di RSKD Dadi Sulawesi Selatan

Pratiwi, Novi Yanti (Unknown)
Ramadhanty, Siti Ichlasatul Amaliah (Unknown)
Amin, Nurul Hidayahni (Unknown)
Najiyah, Nurul Firqotun (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Skizofrenia merupakan gangguan psikotik yang ditandai dengan gangguan utama dalam pikiran, emosi, dan perilaku, pikiran yang terganggu, dimana berbagai pemikiran tidak saling berhubungan secara logis, persepsi dan perhatian yang keliru afek yang datar atau tidak sesuai, dan berbagai gangguan aktifitas motorik yang aneh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pasien skizofrenia menggunakan intervensi mindfulness melalui kegiatan relaksasi progresif, kerajinan tangan, serta okupasi menggambar dan mewarnai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien skizofrenia yang melakukan rawat inap di RSKD Dadi. Sampel dipilih dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling sebanyak 10 pasien Skizofrenia. Skala Wong Baker Faces Pain Scale digunakan untuk melihat perasaan pasien sebelum dan sesudah pemberian intervensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 8 dari 10 orang mengalami kenaikan skor pada seluruh sesi. Perubahan ini juga diiringi oleh perubahan dalam perasaan pasien, dimana pasien menjadi lebih nyaman, damai, tenang, mampu mengekspresikan emosi, merasa rileks, terhibur, senang, dan bahagia setelahnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...