Hasil analisis awal keterampilan berpikir kritis peserta didik Fase E di SMAN 1 Pariangan menunjukkan penerapan model Problem Based Learning selama ini belum mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kurangnya bekal pengetahuan serta keaktifan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penugasan mind map pada model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik Fase E SMAN 1 Pariangan pada materi virus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan berupa lembar soal pretest-posttest dalam bentuk esai yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh data nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Uji paired sample t-test mendapatkan hasil bahwa penugasan mind map pada model PBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik fase E SMAN 1 Pariangan pada materi virus.
Copyrights © 2024