Pembelajaran biologi sebagai proses dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berinteraksi dengan menggunakan keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains dapat dilatih dengan kegiatan praktikum. Praktikum dapat menunjang kegiatan proses belajar agar menemukan prinsip tertentu atau menjelaskan tentang prinsip-prinsip yang dikembangkan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKPD eksperimen berbasis proyek pembuatan nata de pachy pada materi inovasi bioteknologi fase E yang valid dan terbaca dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D (four-D models), yang dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP sebagai validator dari produk LKPD eksperimen dan 1 orang guru biologi SMA serta 31 peserta didik fase E SMAN 15 Padang. Hasil penelitian menunjukkan LKPD eksperimen yang dikembangkan telah mempunyai dengan nilai validitas sebesar 95,81% dengan kriteria sangat valid, serta nilai keterbacaan oleh guru sebesar 91,36% dan nilai keterbacaan dari peserta didik sebesar 93,05% dengan kriteria sama yaitu baik. Telah dihasilkan LKPD eksperimen berbasis proyek pembuatan nata de pachy pada materi inovasi bioteknologi fase E yang valid dan terbaca dengan baik.
Copyrights © 2024