JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Komunikasi Politik Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kabupaten Bungo pada Pemilu 2024

Gita Paluvi, Mutiara (Unknown)
Ofianto, Ofianto (Unknown)
Fajri Mulyani, Fini (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

 Partisipasi politik merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah Negara demokrasi. Tingginya tingkat partisipasi politik dalam sebuah Negara menunjukkan bahwa system demokrasi yang dilaksanakan berjalan dengan cukup baik. Namun apabila yang terjadi sebaliknya, maka perlu pembenahan terhadap system demokrasi yang dilaksanakan. Salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat yaitu dengan melakukan komunikasi politik berupa kampanye politik dan diskusi politik yang dapat dilakukan dengan berbagai media seperti televisi, surat kabar, radio, ataupun media sosial. Adapun tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk melihat seberapa besar pengaruh komunikasi politik terhadap tingkat partisipasi politik masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu masyarakat kabupaten bungo khususnya kecamatan rimbo tengah yang berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidential sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner. Adapun analisis datanya menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi politik yang buruk dapat menghasilkan partisipasi politik yang buruk yakni sebesar 5,597.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...