JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kesesuaian Kurikulum Merdeka dengan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII “Bahasa Indonesia”

Andini, Resti (Unknown)
Regar, Sarah Kiristiyaini Br (Unknown)
Ramadani, Syafina (Unknown)
Prasasti, Tri Indah (Unknown)
Hanum, Inayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan karakter dan kompetensi siswa melalui pembelajaran yang berpusat pada murid. Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran penting di SMP berperan dalam pengembangan kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan berpikir kritis siswa. Untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, diperlukan buku teks yang sesuai dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian Kurikulum Merdeka dengan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII "Bahasa Indonesia" karya Tim Penulis Kemendikbud (2022). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis dokumen dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari dokumen Kurikulum Merdeka dan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII “Bahasa Indonesia”. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konten dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka dan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII “Bahasa Indonesia” memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Kurikulum Merdeka dan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII “Bahasa Indonesia” memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi. Buku teks ini dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...