JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Kelas XI Multimedia SMK Swasta Istiqlal Delitua pada Program Linear

Parinduri, Siti Nurhidayati (Unknown)
Anggraini, Siti (Unknown)
Desniarti, Desniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Sebagai hasil dari pemeriksaan yang dilakukan pada siswa kelas XI di SMK Swasta Istiqlal Delitua, peneliti menemukan beberapa masalah yang terkait dengan program linear: (1) siswa mengalami kesulitan dalam memodelkan masalah matematika ke dalam fungsi kendala dan objektif; (2) siswa terlalu terfokus pada langkah pengerjaan yang diberikan guru; dan (3) siswa menjadi frustrasi karena masalah program linear seringkali berupa kalimat panjang yang membingungkan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kemampuan memodelkan siswa berdasarkan hasil tes hasil belajar. Dari 31 siswa kelas XI multimedia 1 di SMK Swasta Istiqlal Delitua, 23 adalah subjek penelitian. Data penelitian berasal dari hasil tes. Mereka diklasifikasikan berdasarkan jawaban yang sejenis dan kemudian dianalisis dengan indikator kemampuan memodelkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menyelesaikan soal nomor 1 berada pada level situasional, 22,58% berada pada level referensial, dan 6,45% berada pada level formal. Siswa yang menyelesaikan soal nomor 2 berada pada level situasional dan 6,45% berada pada level formal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...