JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V A SDN 18 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Devi Elia (Unknown)
Anita, Yesi (Unknown)
Febryan Putera, Rafhi (Unknown)
Muhammadi, Muhammadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V A SDN 18 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Pada penelitian ini menerapkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik berjumlah 21 peserta didik terdiri dari 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada: a) modul ajar siklus I dengan rata-rata 83,33% (Baik) dan siklus II 91,66% (Sangat Baik) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 85,71% (Baik) dan siklus II 92,85% (Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 89,28% (Baik) dan siklus II 92,85% (Sangat Baik), c) penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh 75% dan siklus II dengan rata-rata 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkakan hasil belajar Pendidikan Pancasila dikelas V A.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...