JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Model Pendidikan Islam Progresif Progressive Islamic Education Model

Azkiya, Nurul Rahmatul (Unknown)
Restu, Cut Eva Novita (Unknown)
Febriani, Evi (Unknown)
Kumaidi, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Meskipun pendidikan Islam pada sejarahnya memiliki andil akbar dalam membimbing langsung manusia yang utuh serta seimbang, baik itu asal aspek rohani dan pula jasmaninya. Tetapi , baik pendidikannya dan pula lembaga pendidikan yang dijalankan, tidak selalu berjalan dengan mulus, atau dalam arti lain, memiliki kelemahan-kelemahan. Dalam beberapa tahun terakhir, dunia pendidikan di Indonesia menghadapi poly problematika yang tidak ada hentinya. Hal pertama yang dilakukan oleh pemerintah adalah menciptakan karakter. Di samping membentuk karakter sebagaimana di atas, kiranya penting untuk membangun kembali sistem pendidikan yang progresif sekaligus konstruktif terhadap permasalahan bangsa. Tulisan ini bertujuan untuk mempelajari model pendidikan Islam progresif, yang dapat membangun Pendidikan islam agar tidak tertinggal jauh oleh kemajuan zaman. Melalui studi kepustakaan (Library research) dari berbagai literatur, yang lalu dideskripsikan dan dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) bersama Results Internasional mengatakan ada tiga yang menjadi permasalahan primer dalam pendidikan di Indonesia, yaitu kualitas guru, sekolah yang tidak ramah anak dan diskriminasi terhadap kelompok marginal Menunjukkan bahwa model pendidikan Islam wajib didesain dan berorientasi pada pemberdayaan dan pengembangan potensi insan, sehingga dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia yang kompetitif serta produktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...