JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Metode Pembelajaran Islam dalam Pendidikan Modern di MTs. Al-Ittihadiyah Medan

Rambe, Dhea Maimunah (Unknown)
Khairah, Zhafira Ajratul (Unknown)
Daulay, Afrahul Fadhila (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian dalam ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisis permasalahan yang ditemukan. Berdasarkan perkembangannya sejak didirikannya lembaga pendidikan Islam dalam naungan Al-Ittihadiyah telah menggunakan metode yang bervariatif dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, Al-Ittihadiyah telah menggunakan metode pelajaran modern yang tidak menfokuskan diri terhadap metode sorogan, hafalan dan muzakarah yang merupakan metode pendidikan Islam yang ada sebelum lahirnya pembaharuan dengan datangnya pengaruh dari pendidikan Barat. Tujuan dari pendidikan Islam yang dicapai adalah dengan mengintegrasikan keimanan, keilmuan, dan penghiasan dengan akhlak. Ditinjau dalam aspek kurikulum pendidikan, pembaruan yang dilakukan adalah dengan memasukkan pengetahuan umum dalam kurikulum tidak hanya pelajaran agama Islam semata. Sedangkan metode yang digunakan sudah menggunakan metode bervariasi yang disesuaikan dengan kebutuhan materi yang diajarkan terhadap siswa. Perkembangan pendidikan AlIttihadiyah di Sumatera Utara terus berkembang dan berkontribusi untuk pendidikan masyarakat mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...