JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Transformasi Pendidikan melalui Kurikulum Merdeka Belajar dengan Tantangan dan juga Peluang yang Muncul

Sholikah, Amilatus (Unknown)
Lestari, Tiwi Widya (Unknown)
Khanif, Misbahul (Unknown)
Mardliyah, Asih Andriyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami transformasi pendidikan melalui Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada tantangan dan peluang yang muncul dari implementasinya. Metode yang digunakan adalah studi literatur, di mana berbagai sumber akademis dikaji untuk mendapatkan data relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka meliputi keterbatasan infrastruktur, kesiapan guru, dan keterlibatan orang tua. Di sisi lain, Kurikulum Merdeka juga menawarkan peluang besar untuk inovasi dalam pembelajaran, peningkatan literasi informasi, dan pengembangan karakter siswa. Kesimpulannya, meskipun ada tantangan signifikan, peluang yang ditawarkan oleh Kurikulum Merdeka sangat besar dan dapat dimanfaatkan melalui kerjasama antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...