JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatan Pembelajaran Mengenal Nilai dan Kesetaraan Mata Uang melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning bagi Siswa Tunarungu

Rahmadika, Tria (Unknown)
Nurhastuti, Nurhastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan buruknya prestasi akademik siswa tunarungu dan bisu Tingkat 4 SLB Kemala Bhayangkari dalam mengenal nilai dan padanan uang, khususnya dalam menggunakan dan menulis nilai mata uang rupiah dari Rp500,00 hingga Rp20.000,00. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, dengan peneliti sebagai pengamat dan guru sebagai pelaksana yang bekerja sama. Empat siswa tunarungu mengikuti penelitian, dan hasil tes menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah dua siklus penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Hasil tersebut menunjukkan efektivitas PBL dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengenal nilai moneter dan kesetaraan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...