JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Classpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas VI SD Negeri 060817 Medan

Putri, Fadhilah Indah (Unknown)
Purba, Alfitriana (Unknown)
Juwita, Putri (Unknown)
Harahap, Khairani (Unknown)
Panjaitan, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif strategi pembelajaran interaktif dengan ClassPoint dalam meningkatkan pengalaman belajar siswa di Kelas VI SDN 060817 Medan, terutama dalam mata pelajaran IPAS. Dalam dua siklus, tindakan kelas ini diharapkan berlangsung. Data yang dikumpulkan melalui observasi, Data dari tes pada siklus I dan II dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik kuantitatif serta deskriptif. Pada siklus I, skor rata-rata adalah 5,9, sementara skor ideal yang dapat dicapai adalah 10,0, dan standar deviasi 1,4, yang menunjukkan hasil belajar yang baik. Namun, hanya 42,9 persen, atau 15 dari 35 siswa, menunjukkan hasil belajar yang baik. Selain itu, banyak sejumlah 10 siswa dengan hasil belajar yang rendah, atau sekitar 28,5%, dan sebanyak 8 siswa, atau sekitar 22,9%, menunjukkan hasil belajar yang sedang. Selain itu, ada 2 siswa, atau sekitar 5,7%, dengan hasil belajar yang sangat rendah. Pada siklus II, 25 siswa, atau sekitar 71,4% dari 35 siswa, tergolong dalam kategori tuntas, sedangkan 10 siswa, atau sekitar 28,6%, masih berada dalam kategori tidak tuntas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...