JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Kinemaster pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN 060852 Medan Perjuangan T.A 2023.2024

Anisa, Rindy (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)
Sitohang, Risma (Unknown)
Manurung, Imelda Free Unita (Unknown)
Purnomo, Try Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas, dan Praktikalitas dari Media Pembelajar video animasi berbasis kinemaster. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, instrumen tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktisi oleh tenaga pendidik kelas IV. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa video animasi berbasis Kinemaster masuk kedalam kategori sangat layak. Berdasarkan validasi : 1) Ahli Materi pembelajaran mendapatkan presentase rata-rata sebesar 85,5% dengan kategori “sangat layak”; 2) Ahli Media pembelajaran dengan presentase rata-rata 83,75% dengan kategori “sangat layak”; 3) Ahli Praktisi dengan presentase rata-rata 92% dengan kategori “sangat praktis”. Serta dilanjutkan dengan penyebaran soal Pre-Test dan Post-Test pada Kelas IV dengan jumlah siswa 21 orang, diperoleh nilai rata-rata Pre-Test 52,8 dengan kategori “kurang efektif” meningkat dengan hasil rata-rata Post-Test yaitu dengan nilai 86,19 dengan kategori “sangat efektif”. Dengan demikian, Media Pembelajaran Video Animasi berbasis Kinemaster Pada Tema 7 Subtema 1 siswa kelas IV yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...