JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Fatigue Pada Pasien Hemodialisa

Kartika, Ade (Unknown)
Hayati, Sri Mala (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Hemodialisis merupakan tindakan mengeluarkan zat sisa metabolisme dan cairan berlebih melalui membran semi permiablel. Perawat atau pasien dapat memenuhi kebutuhan diri sendiri dan kemampuan pasien dalam melakukan perawatan diri. Jika ada self care defisit, self care agency, dan kebutuhan self care demand maka keperawatan akan diberikan. Nursing agency merupakan salah satu atribut yang diberikan untuk orang-orang yang telah dilatih sebagai perawat yang dapat melakukan, mengetahui dan membantu orang lain untuk menemukan kebutuhan self care demand pada mereka, melalui pelatihan dan pengembangan self care agnecy. Tujuan penelitian adalah menjelaskan hal hal yang berhubungan dengan Fatigue pada pasien yang menjalani hemodialisis. Metode penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan non probability sampling di sebuah unit hemodialisis di salah satu rumah sakit. Hasil menunjukkan bahwa Tidak ada hubungan yang signifikan antara ting-kat fatigue dengan usia (p= 0,086) dan status nutrisi (p= 0,168), sedangkan hubungan kadar hemoglobin (p= 0,029) dengan tingkat fatigue menunjukkan hubungan, semakin rendah kadar hemoglobin semakin tinggi tingkat fatique. Simpulan bahwa Penelitian ini memberikan pengetahuan kepada tenaga kesehatan khususnya perawat bahwa pasien yang menjalani hemodialisis cenderung mengalami fatique dan banyak faktor yang yang behubungan dengan kondisi tersebut dari faktor fisik, sosial ekonomi, demografi dan situasional sehingga perawat dalam memberikan intervensi selalu menggunakan pendekatan holistic untuk mendapatkan hasil yang efektif dalam pemberian asuhan keperawatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...