Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024): Juni-September

Lingkup Kemitraan Sekolah dan Masyarakat dalam Administrasi Pendidikan

Adien Inayah (Unknown)
Fitri Khoiroh Sayidah Harahap (Unknown)
Yunita Azhari (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Kemitraan antara sekolah dan masyarakat merupakan aspek penting dalam administrasi pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bidang kemitraan yang efektif antara sekolah dan masyarakat serta dampaknya terhadap administrasi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kepustakaan berupa penelitian berdasarkan sumber-sumber akurat seperti buku, jurnal terdahulu, dan referensi lainnya yang relevan serta di beberapa sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bidang gGarapan kemitraan yang efektif ditandai oleh komunikasi yang terbuka, partisipasi aktif dari berbagai pihak, dan komitmen bersama untuk tujuan pendidikan. Selain itu, dukungan dari masyarakat dalam bentuk sumber daya dan keterlibatan dalam kegiatan sekolah dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas administrasi sekolah. Ditemukan juga bahwa adanya regulasi dan kebijakan yang mendukung kemitraan ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...