Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024): Juni-September

Pengaruh Strategi Critical Incident Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Materi Sifat Utama dan Keteguhan Rasul Ulul Azmi Kelas VII di MTs Swasta Kabupaten Dairi

Azizah Lolo Banta Padang (Unknown)
Afrahul Fadhila Daulai (Unknown)
As’ad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan berpikir kritis antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Critical Incident dengan kelas yang menggunakan model konvensional di kelas VIII MTs Swasta Kabupaten Dairi. Penelitian ini ingin mengeksplorasi pengaruh penggunaan pendekatan Critical Incident pada pembelajaran akidah akhlak dengan materi sifat utama dan keteguhan Rasul Ulul Azmi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif eksperimen. Teknik untuk mengambil sampel yang dipakai peneliti berupa sampling jenuh dengan menjadikan setiap anggota dari populasi merupakan sampel. Dari seluruh peserta didik kelas VIII diambil satu kelas untuk dijadikan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji hipotesis pada data post-test terhadap kelas yang telah diajarkan menggunakan strategi pembelajaran aktif critical incident (pengalaman penting). Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif critical incident terhadap pada mata pelajaran akidah akhlak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...