Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua Dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila baik secara bersama-sama maupun secara parsial dengan hipotesis terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua Dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SD Negeri se Kecamatan Paranginan berjumlah 112 orang dengan sampel 81 orang. Instrumen penelitian berupa angket tertutup, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Uji coba angket dilakukan kepada 30 orang yang bukan sampel penelitian, dan telah teruji dengan uji validitas dan reliabilitas. Ketiga hipotesis dalam penelitian ini terbukti, hipotesis pertama koefisien korelasi (rx1y) = 0.727 > rtabel = 0,220 dan nilai Sig = 0.000 < 0.05 atau nilai thitung = 9,418 > ttable (0.05,88-2) = 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi Guru dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar seKecamatan Paranginan. Hipotesis kedua diperoleh nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0.691 > rtabel = 0,220, dan nilai Sig = 0.000 < 0.05 atau nilai thitung = 8,504 > ttable (0.05,88-2) = 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Peran Orang Tua dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar seKecamatan Paranginan. Hipotesis ketiga koefisien korelasi ganda (R) = 0.780 > rtabel = 0,220, dan nilai Sig. F change = 0.000 < 0.05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang positif signifikan antara Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua secara bersama-sama dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar seKecamatan Paranginan baik secara bersama-sama maupun secara parsial karena telah teruji secara empiris.
Copyrights © 2024