Latarbelakang penelitian ini adalah rendahnya mutu pendidikan SMA Negeri se-Kecamatan Doloksanggul dimana masih banyak siswa/siswi yang tidak masuk perguruan tinggi negeri. Hipotesa dalam penelitian ini yakni: 1) Terdapat hubungan yang positif komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan mutu pendidikan SMA Negeri sekecamatan Doloksanggul; 2) Terdapat hubungan yang positif motivasi kerja guru dengan mutu pendidikan di SMA Negeri se-kecamatan Doloksanggul; 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan mutu pendidikan SMA Negeri se-kecamatan Doloksannggul. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan statistik deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri seKecamatan Doloksanggul dengan populasi sebanyak 97 orang guru yang juga merupakan sampel dari penelitian. Dari hasil analisis data yaitu: a) uji hipotesa X1 dengan Y secara parsial diperoleh rhitung sebesar 0,944 > dari rtabel sebesar 0,1996 sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima yaitu terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan mutu pendidikan SMA Negeri se-Kecamatan Doloksanggul; b) uji hipotesis X2 terhadap Y secara parsial diperoleh rhitung sebesar 0,840 > dari rtabel sebesar 0,1996 sehingga H02 ditolak dan Ha2 diterima yang artinya terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat motivasi kerja guru dengan variabel mutu pendidikan SMA Negeri se-Kecamatan Doloksanggul; c) uji hipotesis X1 dan X2 secara simultan dengan Y diperoleh rhitung sebesar 0.979 > dari rtabel sebesar 0,1996 artinya terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat komunikasi interpersonal kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara simultan dengan mutu pendidikan SMA Negeri seKecamatan Doloksanggul.
Copyrights © 2024