JURNAL CURERE
Vol 7, No 2 (2023): Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Curere

MENDESAIN KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI BERAGAMA PADA KAUM MINORITAS DI SMP NEGERI 4 LINTONGNIHUTA

Parhusip, Mega Sonata (Unknown)
Simamora, Marlina (Unknown)
Situmorang, Friska Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk melihat kebijakan sekolah dalam meningkatkan toleransi beragama pada kaum minoritas terutama di SMP Negeri 4 Lintongnihuta yang terdapat beberapa guru dan murid yang beragama Islam sementara SMP Negeri 4 Lintongnihuta berada di lingkungan masyarakat yang mayoritas Kristen dan untuk melihat Pengaruh Kebijakan sekolah dalam meningkatkan toleransi beragama terhadap kaum minoritas. . Oleh karena itu, sekolah perlu mendesain kebijakan dalam meningkatkan toleransi beragama pada kaum minoritas di SMP Negeri 4 Lintongnihuta.Studi ini dimasukan untuk menjawab permasalahan;  bagaimana kebijakan yang dibuat oleh pihak sekolah dalam meningkatkan toleransi beragama pada kaum minoritas dan apakah kebijakan sekolah sudah menampung sikap toleransi terhadap kaum minoritasPenelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, kuisioner. Pada penelitian metode kuantitatif ini hanya mementingkan hasil dari penelitian. Hubungan-hubungan antar-bagian terlihat jelas dalam proses yang menjadi objek dalam penelitian. Datanya diperoleh dengan wawancara, observasi, angket. Hasil Observasi Kebijakan Sekolah SMPN 4 Lintongnihuta menjunjung tinggi toleransi dengan memanfaatkan guru BK sebagai guru Agama Islam karena belum tersedia, SMPN 4 Lintongnihuta Pada Ujian Semester Ganjil dan Genap melaksanakan ujian Mata Pelajaran Islam, SMPN 4 Lintongnihuta menghargai hari besar Agama Islam walaupun mereka minoritas, SMPN 4 Lintongnihuta mengijinkan guru beragama Islam untuk berhijab, Kantin SMPN 4 Lintongnihuta menyediakan makanan halal., Setiap bulan puasa dibuat kebijakan dipercepat pulang .Adapun Kesimpulan dari miniriset ini yakni  Kebijakan sekolah mempengaruhi sikap toleransi di lingkungan masyarakat terkhusus di lingkungan pendidikan, Kebijakan sekolah terhadap toleransi beragama pada kaum minoritas mempengaruhi kinerja guru yang merupakan kaum minoritas, Kebijakan sekolah terhadap toleransi beragama pada kaum minoritas mempengaruhi cara dan semangat belajar murid yang merupakan kaum minoritas, Kebijakan toleransi beragama pada kaum minoritas akan mengembangkan kolaborasi positif antara kaum minoritas dan kaum mayoritas, Peningkatan keamanan dan kenyamanan disekolah akan terealisasi dengan adanya kebijakan sekolah tentang toleransi terhadap kaum minoritas karena lingkungan sekolah akan terhindar dari pertikaian antar umat beragama

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...