Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi dan modal minimal terhadap minat investasi saham mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP ULM. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di FKIP ULM. Sampel yang digunakan berjumlah 136 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, riset kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukan variabel pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat investasi saham. Semakin tinggi pengetahuan investasi mahasiswa maka minat investasi saham akan semakin tinggi. Variabel modal minimal berpengaruh terhadap minat investasi saham mahasiswa. Semakin kecil modal minimal yang diperlukan untuk memulai investasi maka minat investasi saham mahasiswa akan semakin tinggi. Secara simultan pengetahuan investasi dan modal minimal berpengaruh terhadap minat investasi saham mahasiswa. Semakin tinggi pengetahuan investasi dan diiringi dengan modal minal investasi yang rendah mengakibatkan minat investasi saham mahasiswa semakin tinggi.
Copyrights © 2024