Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Vol 8, No 4 (2023)

Evaluasi Kekuatan Perkerasan Sisi Udara (Runway, Taxiway, Apron) Bandara Matahora Kabupaten Wakatobi dengan Metode Perbandingan ACN-PCN

Seto, Gentur Ari (Unknown)
Arsyad, La Ode Muhamad Nurrakhmad (Unknown)
Soeparyanto, Try Sugiyarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2024

Abstract

Matahora Airport now has a runway length of 2000 meters x 45 meters with a runway hardness (PCN) of 33 F/B/X/T that can accommodate the largest aircraft, namely ATR 72-500/600. In addition, other airside facilities are owned, such as a taxiway 107 meters x 23 meters, an apron 110 meters x 85 meters. This study aims to determine the ACN value of aircraft operating against the PCN value of the air side pavement, determine the overload load on the air side pavement and determine the overload load on the air side pavement. The steps taken in this study were collecting data on PCN runways, taxiways, aircraft landing gear pressure aprons, and the frequency of aircraft movements which were then calculated by the aircraft manufacturers using COMFAA software and then determined the value of the ACN-PCN ratio. From the results of ACN and PCN calculations using comfaa software on the An-124, B737-900ER, B737-800, and A320 aircraft types, the PCN value is greater than the ACN value of the four aircraft An-124, B737-900ER, B737 -800, and A320 which have PCN values including 60.2, 74.9, 64.1, and 54.1 so while the ACN values of 58., 56.0, and 44.4 Bandara Matahora kini memiliki panjang landasan 2000 meter x 45 meter dengan kekekerasan landasan (PCN) 33 F/B/X/T yang mampu didarati pesawat terbesar yaitu ATR 72-500/600. Selain itu, fasilitas sisi udara lainnya yang dimiliki seperti, taxiway 107 meter x 23 meter, apron 110 meter x 85 meter. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui nilai ACN dari pesawat-pesawat yang beroperasi terhadap nilai PCN dari perkerasan sisi udara, menentukan beban overload pada perkerasan fasilitas sisi udara. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data PCN Runway, Taxiway, Apron tekanan roda pendaratan pesawat, dan frekuensi pergerakan pesawat yang kemudian dihitung produsen peswatnya menggunakan software COMFAA kemudian ditentukan nilai perbandiongan ACN-PCNnya. Dari hasil ACN dan PCN menggunakan software comfaa pada jenis pesawat An- 124, B737-900ER, B737-800, dan A320 memiliki nilai PCN lebih besar dari nilai ACN yang dimiliki oleh ke empat pesawat tersebut An- 124, B737-900ER, B737-800, dan A320 yang memiliki nilai PCN diantaranya 60.2, 74.9, 64.1, dan 54.1 jadi sedangkan nilai ACN dari ke tiga jenis pesawat tersebut B737-900ER, B737-800, dan A320 diantaranya memiliki nilai ACN sebesar 58.8, 56.0, 50.3, dan 44.4.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MedKons

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Earth & Planetary Sciences Engineering Materials Science & Nanotechnology Transportation

Description

Adapun bidang-bidang yang tercakup di dalam ruang lingkup Jurnal Media Konstruksi, namun tidak terbatas pada, antara lain: - Teknologi Informasi dan Komunikasi - Pemukiman dan Bencana - Bangunan Berorientasi Lingkungan - Transportasi - Teknologi Proses - Kelautan - Geoteknik - Struktur - Manajemen ...