Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap data yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum Pembelajaran Merdeka pada mata pelajaran PJOK di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Kayuagung. Data primer yang digunakan diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru PJOK di SMA Negeri di Kecamatan Kayuagung. Metodologi penelitian kuantitatif diimplementasikan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini terdiri dari peserta didik dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dari masing-masing sekolah. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Kriteria pemilihan mencakup instruktur PJOK yang telah berpartisipasi dalam seminar atau sesi pelatihan mengenai kurikulum kemandirian belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Kayuagung. Sebanyak 20 sampel dikumpulkan, dengan 12 sampel dari guru dan 8 sampel dari siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kecamatan Kayuagung berada pada kategori sangat memuaskan, dengan skor 100% dari sudut pandang pengajar dan siswa. Artinya, Kurikulum Merdeka Belajar telah diimplementasikan secara bertahap oleh SMA Negeri di Kecamatan Kayuagung. Selain itu, Pembelajaran Berbasis Proyek yang merupakan salah satu kegiatan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Belajar juga telah diimplementasikan
Copyrights © 2024