MAUIZHAH JURNAL KAJIAN KEISLAMAN
Vol 13 No 2 (2023): Volume XIII No. 2 Juli - Desember 2023

Pengembangan Bahan Ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Bahasa Arab Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab (Penelitian Pengembangan di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo)

Shobirin, Shobirin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis konteks pada Unit Kegiatan Belajar Mandiri Bahasa Arab (UKBM) untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa Sekolah Tzanawiya Zainul Hasan 1 Gengon Probolinggo. Peneliti mengembangkan materi ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Arab. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa materi bahasa Arab yang digunakan tidak relevan dengan kebutuhan siswa dan kurang meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa secara maksimal. Pengembangan materi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Bahasa Arab didasarkan pada hasil perencanaan dan desain pengembangan. Nilai rata-rata verifikator terhadap draf pertama modul pengajaran bahasa Arab ini adalah 22,89 dengan kategori “sangat baik”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mauizhah

Publisher

Subject

Religion

Description

Jurnal Kajian Keislaman merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT)Syekh Burhanuddin Pariaman. Menerima artikel dengan kajian studi islam sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu studi islam. Semua artikel yang masuk akan melalui ...