cover
Contact Name
ABDUL KADIR
Contact Email
mauizhahjurnal@gmail.com
Phone
+6285274111211
Journal Mail Official
mauizhahjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. H. Agus Salim No.6, Kp. Baru, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat 25512
Location
Kota pariaman,
Sumatera barat
INDONESIA
MAUIZHAH JURNAL KAJIAN KEISLAMAN
ISSN : 20891229     EISSN : 26545055     DOI : -
Core Subject : Religion,
Jurnal Kajian Keislaman merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT)Syekh Burhanuddin Pariaman. Menerima artikel dengan kajian studi islam sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu studi islam. Semua artikel yang masuk akan melalui peer-review process setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel. Mauizhah jurnal Kajian Keislaman terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari-Juni dan Juli-Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 112 Documents
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DI KOTA PARIAMAN Handriadi Handriadi
Mau'izhah Vol 8 No 2 (2018): Volume VIII No. 2 Juli - Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh burhanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.045 KB) | DOI: 10.55936/mauizhah.v8i2.2

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi, menggambarkan, dan mengkaji pemahaman kepala sekolah dan pengawas dalam pembelajaran terhadap peranannya sebagai pengawas sekolah, (2) Mengidentifikasi, menggambarkan, dan mengkaji pemahaman guru terhadap peranan kepala sekolah dan pengawas sebagai pengawas sekolah, (3) Mengidentifikasi, menggambarkan, dan mengkaji hubungan antara guru dengan kepala sekolah dan pengawas pembelajaran sebagai pengawas sekolah dalam upaya memperbaiki pembelajaran di SD, (4) Menggambarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas pembelajaran sebagai pengawas sekolah dalam upaya memperbaiki pembelajaran di SD, (5) Mengetahui format yang digunakan kepala sekolah dan pengawas dalam melaksanakan pengawasan akademik. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian mengambarkan bahwa Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran Selain itu,supervisi akademik juga merupakan upaya untuk membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilaiunjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Meskipun demikian, supervisi akademik tidak bisa terlepas dari penilaian unjuk kerja guru dalam mengelola pembelajaran.
SEJARAH DAN DINAMIKA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA (SURAU, PESANTREN DAN MADRASAH) Novia Yanti
Mau'izhah Vol 9 No 1 (2019): Volume IX No.1 Januari – Juni 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh burhanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.871 KB) | DOI: 10.55936/mauizhah.v9i1.20

Abstract

Sejarah perkembangan dan pertumbuhan pendidikan Islam diIndonesia antara lain ditandai oleh adanya lembaga-lembagapendidikan Islam yang amat bervariasi, namun antara satu danyang lainnya memiliki hubungan subtansial dan fungsional.Dinamika pertumbuhan dan perkembaanga lembaga-lembagapendidikan Islam tersebut selain dipengaruhi oleh faktorinternal dari para pendirinya, juga tidak lepas dari pengaruheksternal yang bersifat global. Kedua pengaruh ini satu danyang lainya secara akumulatif berpadu menjadi satu danmenghasilkan bentuk dan corak dari lembaga pendidikan yangbersangkutan.
KAJIAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM KEGIATAN BERMAIN ADONAN SABUN Misbah Laila; Neni Triana
Mau'izhah Vol 10 No 2 (2020): Volume X No. 2 Juli – Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh burhanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1044.381 KB) | DOI: 10.55936/mauizhah.v10i2.36

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimana hubungan kegiatan bermain adonan sabun dengan kreativitas pada anak usia dini. Kreativitas sangat penting bagi perkembangan anak secara keseluruhan. Anak usia taman kanak-kanak masih sering mengalami kesulitan dalam kegiatan perkembangan kreativitas: mewarnai kaligrafi, dimana rata-rata hasil mawarnai anak hampir sama dengan yang dicontohkan guru. Begitupun dalam pengembangan kreativitas lainnya, membuat bunga-bunga dengan palstisin anak-anak hanya mampu menirukan bunga-bunga yang dicontohkan guru.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kepustakaan (Library Research) yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data atau berdasarkan karya tulis ilmiah yang menghubungkan penelitian dengan literatur yang ada untuk memecahkan suatu masalah, yaitu dengan mengumpulkan data-data dan mengkaji bahan-bahan kepustakaan yang digunakan antara lain; buku-buku teks, jurnal ilmiah, hasil-hasil penelitian dalam bentuk skripsi, dan internet, serta sumber-sumber lainnya yang relevan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubngan kegiatan bermain adonan sabun terhadap kreativitas anak usia dini.Hasil penelitian menjelaskan bahwa kreativitas anak perlu dikembangkan, karena menjadikan anak lebih kreatif, bisa memecahkan masalah, memberi solusi dan dapat memberikan manfaat yang dilakukan melalui kegiatan bermain adonan sabun dan membantu anak menuangkan ide-ide atau bakat yang dimilki anak untuk memberikan pengalaman bagi anak dalam bermain adonan sabun menjadi benda-benda yang bisa dimanfaatkan serta membantu meningkatkan kreativitas pada anak.
BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR DI PERGURUAN TINGGI Mona Yulia Zulfa; Sukmurdianto Sukmurdianto
Mau'izhah Vol 10 No 1 (2020): Volume X No. 1 Januari – Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh burhanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.467 KB) | DOI: 10.55936/mauizhah.v10i1.52

Abstract

Bimbingan dan konseling karir di perguruan tinggi sangatlahdibutuhkan oleh mahasiswa, yang bertujuan untuk membantumahasiswa dalam memudahkan mereka dalam memilih programstudi atau jurusan. Hal ini sangat penting sekali, karenakenyataannya banyak mahasiswa yang tidak memahami dankurang informasi tentang jurusan yang mereka pilih, sehinggaakhirnya mereka pindah dari jurusan yang sudah dimasuki atauada yang bertahan tapi dengan prestasi yang tidak memuaskan.Tujuan lainnya dari bimbingan dan konseling karir di perguruantinggi adalah membantu mahasiswa menilai dan menganalisis diriserta kaitannya dengan pemahaman dunia kerja dan pengambilankeputusan karir yang akan dijalani. Adapun jenis layanan dankegiatan pendukung bimbingan dan konseling yang dapatdigunakan dalam bimbingan dan konseling karir di perguruantinggi adalah berupa layanan orientasi, layanan informasi,layanan penempatan dan penyaluran, konseling perorangan,intrumentasi, dan lembaga khusus. Beberapa pelayanan tersebutdapat memudahkan mahasiswa dalam memperoleh informasiterkait dengan karir yang akan mereka jalani dan arah karir sesuaidengan bakat, minat, dan potensi diri dari mahasiswa.
Konsep Reward dan Punishment Dalam Pendidikan Islam Nursyamsi Nursyamsi
Mau'izhah Vol 11 No 2 (2021): Volume XI No. 2 Juli - Desember 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh burhanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.413 KB) | DOI: 10.55936/mauizhah.v11i2.69

Abstract

Reward dan Punishment merupakan salah satu prinsippendidikan yang fundamental dalam agama islam. Prinsip –prinsip pemberian reward dan Punishment diantaranya adalahimbalan berfungsi sebagai pengarah dan peneguh responpositif dan prilaku yang benar. Sedangkan hukuman atausanksi adalah untuk melemahkan atau menghilangkan responatau prilaku tertentu anak yang dipandang menyimpang.Imbalan dan hukuman bukanlah tujuan, keduanya adalahsarana untuk mengukuhkan dan menghilangkan perilakutertentu. Teknik pemberian reward dan punishment harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Punishment bertujuansebagai pencegahan suatu kelalaian dari peserta didik, makareward di berikan sebagai motivasi dan juga penghargaanyang di berikan kepada peserta didik. kedua -duanya bertujuanuntuk memperbaiki peserta didik dalam proses belajarmengajar.
PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME Imratul Handayani
Mau'izhah Vol 9 No 1 (2019): Volume IX No.1 Januari – Juni 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh burhanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.666 KB) | DOI: 10.55936/mauizhah.v9i1.15

Abstract

Perangkat pembelajaran dipakai di sekolah-sekolah sepertiRPP dan LKS pada umumnya belum optimal untuk membantusiswa dalam membangun pemahamannya. Maka perlu adanyapengembangan perangkat pembelajaran matematika yangdapat memberikan kesempatan bagi siswa untukmengkonstruksi pengetahuannya. Pembelajaran berbasiskonstruktivisme yang diharapkan dapat mencapai sasarantersebut. Tujuan yang hendak dicapai yaitu menghasilkanperangkat pembelajaran matematika berbasis konstruktivismeyang valid, praktis dan efektif. Pengembangan menggunakanmodel Mc Kenney yang terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary,prototyping dan assesment. Perangkat pembelajaran yangdikembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS). Subjek penelitianadalah siswa kelas V SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar.Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasilpengamatan pelaksanaan pembelajaran. Kefektifan dilihat darihasil aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpuldianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa perangkat pembelajaran berbasis konstruktivisme yangdikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi isi dankonstruk. Perangkat pembelajaran juga telah efektif dari segiaktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, aktivitas siswameningkat selama pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut,dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasiskonstruktivisme untuk pembelajaran matematika di kelas Vyang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis danefektif.
Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Tradisi Barantam Dalam Pesta Pernikahan (Studi Kasus di Kelurahan Karan Aur Kec. Pariaman Tengah Kota Pariaman) Saparia Fitriani
Mau'izhah Vol 9 No 2 (2019): Volume IX No. 2 Juli - Desember 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh burhanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.57 KB) | DOI: 10.55936/mauizhah.v9i2.31

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh “Bagaimanakah Nilai-Nilai Pendidikan ukhuwah Islamiyah dan Gotong Royong Pada Tradisi Barantam Dalam Pesta Pernikahan di Kelurahan Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.” Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: tradisi barantam, nilai ukhuwah Islamiyah pada tradisi barantam, nilai gotong royong (tolong menolong) pada tradisi barantam, nilai sosial pada tradisi barantam, dan nilai moral pada tradisi barantam dalam pesta pernikahan di Kelurahan Karan Aur Kec. Pariaman Tengah Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan menggunakan metode deskriptif, serta penulis juga menggunakan bibliografi sebagai referensi. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Agar terkumpulnya data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada mantan Ketua KAN Pasia Pasa, perangkat Kelurahan Karan Aur dan masyarakat Kelurahan Karan Aur yang ada di Kec. Pariaman Tengah Kota Pariaman. Setelah data terkumpul penulis melakukan teknik pengolahan data dengan menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data dan Kesimpulan. Sehingga penulis menarik kesimpulan bahwa Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Tradisi Barantam Dalam Pesta Pernikahan di Kelurahan Karan Aur mengandung nilai ukhuwah Islamiyah, nilai gotong royong (tolong menolong)Penulis akhirnya mengetahui: (1) Tradisi barantam adalah sebuah tradisi dalam pesta pernikahan yang ada di Pariman dalam bentuk kegiatan sosial dari masyarakat di bawah arahan niniak mamak dengan tujuan untuk menolong atau meringankan beban biaya keluarga yang telah melaksanakan pesta pernikahan. (2) nilai ukhuwah Islamiyah terjalin dengan baik dan erat terlihat dari: a. Hubungan saudara kandung atau saudara seketurunan. b. Hubungan saudara yang dijalin dengan ikatan keluarga. c. Hubungan saudara dalam arti sebangsa, d. Persaudaraan seagama. Selain itu nilai ukhuwah Islamiyah terjalin dalam diri masyarakat karena adanya akhlak yang baik, masyarakat sama-sama merasakan dan bahu-membahu untuk meringankan biaya pesta pernikahan. (3) Nilai gotong royong pada tradisi barantam terlihat dari hasil barantam bahwa pertolongan seseorang dapat meringankan bahkan melepaskankesulitan orang lain. Gotong royong pada tradisi barantam dilakukan secara ikhlas, tulus dan bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai suatu tujuan.
PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGENDS BANG BANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Nining Yus Mei; Nazaruddin Nazaruddin; Navisa Auliya Rahma
Mau'izhah Vol 10 No 1 (2020): Volume X No. 1 Januari – Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh burhanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.914 KB) | DOI: 10.55936/mauizhah.v10i1.47

Abstract

Fenomena game online melatarbelakangi munculnya idepeneliti untuk melakukan kajian terhadap kecanduan Game OnlineMobile Legend Bang Bang dikalangan peserta didik MTsN 1Pasaman. Penelitian ini akan mencoba melihat fenomena tersebutsebagai objek dalam penelitian. Metode yang digunakan adalahpenelitian lapangan (field research) menggunakan metodekuantitatif dengan sumber datanya peserta didik dan kepalasekolah. Menggunakan pendekatan deskriptif dengan mengunakananalisis statistik software IBM Statistical Package for the SocialSciences version 22 for windows (IBM SPSS Versi 22.0).pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratafieldrandom sampling sebanyak 186 peserta didik. Teknik pengumpulandata dengan cara angket (kuesioner), dokumentasi, observasi danwawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didikMTsN 1 Pasaman, nilai raport peserta didik semester II. Hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa analisis data menggunakanstatistik software IBM Statistical Package for the Social Sciencesversion 22 for windows (IBM SPSS Versi 22.0). menunjukkanbahwa Game Online Mobile Legends Bang Bang berpengaruh dansignifikan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,817 dannilai thitung sebesar 23,101>ttabel sebesar 1.65318 dengan nilaisignifikan 0,000 <= 0,05, berarti Ha diterima dan Ho di tolak.Sedangkan nilai Fhitung 533,641>Ftabel 3,89 dan nilai signifikan0,000< α = 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Game Online MobileLegends Bang Bang berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar,artinya semakin mengunakan Game Online Mobile Legends BangBang maka semakin signifikan pengaruh hasil belajar pesertadidik. Dari penelitian ini yang penulis dapatkan terdapat 53,36%Game Online Mobile Legends Bang Bang mempengaruhi hasilbelajar peserta didik yang mendapatkan nilai cukup sebanyak 74%peserta didik, selebihnya dipengaruhi variable lain.
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPESONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sungai Geringging) Fifi Finasari; Heri Surikno
Mau'izhah Vol 11 No 2 (2021): Volume XI No. 2 Juli - Desember 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh burhanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.485 KB) | DOI: 10.55936/mauizhah.v11i2.64

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang cenderung malas dan kurangnya motivasi dalam belajar. Berdasarkan analisis deskriptif data komunikasi interpesonal guru pendidikan agama islam yaitu 6 peserta didik yang mengatakan berada pada kategori rendah dengan presentase 17,14%, sebanyak 13 peserta didik berada pada kategorisedang dengan presentase 37,14% dan 16 peserta didik pada kategori tinggi dengan persentase 45,71%. Komunikasi interpesonal guru pendidikan agama islam tergolong dalam kategori tinggi dengan pesentase 45,71%. Sedangkan hasil analisis data motivasi belajar peserta didik yaitu 3 peserta didik yang mengatakan berada pada kategori rendah dengan presentase 8,57%, sebanyak 26 peserta didik berada pada kategori sedang dengan presentase 74,28% dan 6 peserta didik pada kategori tinggi dengan persentase 17,14%. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar peserta didik tergolong dalam kategori sedang dengan pesentase 74,28%. Berdasarkan analisis inferensial melalui analisis regresi linear sederhana diperoleh Thitung > Ttabel (9,674 > 2,034) maka H0 ditolakdan menerima Ha yang berarti terdapat pengaruh komunikasi interpesonal guru pendidikan agama islam dengan peserta didik terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Sungai Geringging (Study kasus kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Geringging)
Praktek Bisnis Dalam Bingkai Syari’ah Rahmat Hidayat
Mau'izhah Vol 8 No 2 (2018): Volume VIII No. 2 Juli - Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh burhanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.322 KB) | DOI: 10.55936/mauizhah.v8i2.8

Abstract

Islam mewajibkan seorang muslim untuk selalu bekerja keras, untuk dapat mencapai apa yang ia inginkan, karena dengan bekerja seseorang bisa mendapatkan kekayaan, dengan bekerja keraslah manusia bisa mendapatkan nafkah, oleh karena itu Allah melapangkan bumi ini serta menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan nafkahnya. Allah menyediakan apa saja yang ada di bumi ini untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu manusia diciptakan di muka bumi ini sebagai pemakmur bukan sebagai perusak yang harus tetap memanfaatkannya dan melestariannya. Aturan main perdagangan Islam, menjelaskan berbagai etika yang harus dilakukan oleh para pedagang Muslim dalam melaksanakan jual beli. Dan diharapkan dengan menggunakan dan mematuhi etika perdagangan Islam tersebut, suatu usaha perdagangan dan seorang Muslim akan maju dan berkembang pesat lantaran selalu mendapat berkah Allah SWT di dunia dan di akhirat. Etika perdagangan Islam menjamin, baik pedagang maupun pembeli, masing-masing akan saling mendapat keuntungan. Namun dalam prakteknya, masih saja ditemukan keadaan yang tidak ideal dan pantas dilakukan oleh pelaku bisnis atau pedagang ketikamelalukan transaksi. Banyak pelanggaran-pelanggraran Syari’ah yang terjadi di lapangan. Hal ini disebabkan karena dua hal; kurangnya ilmu mengenai prinsip dan kode etik Syari’ah atau karena ia mengikuti hawa nafsunya. Kita lihat banyak juga pebisnis Muslim yang berusaha menghindari hal itu, namun hal itu tidak dapat ditolak karena budaya pelanggaran itu sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat. Tak mengenal orang yang berpendidikan tinggi maupun orang awam sekalipun

Page 1 of 12 | Total Record : 112