Jurnal Miyang : Ronggolawe Fisheries and Marine Science Journal
Vol 4 No 1 (2024): April 2024: Perikanan dan Kelautan

Formulasi Penyedap Rasa Alami Berbahan Dasar Ikan Teri (Stolephorus Sp) dan Tomat (Solanum Lycopersicum): Natural Flavoring Formulation Based on Anchovies (Stolephorus Sp) and Tomatoes (Solanum Lycopersicum)

Rofiq, Ainur (Unknown)
Ainiyah, Roisatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2024

Abstract

Penyedap rasa merupakan bahan tambahan pada makanan, sehingga makanan dapat bertambah manis, asin, asam, dan sebagainya. Penyedap rasa alami biasanya didapatkan dari ekstrak tumbuhan maupun hewan yang secara langsung melalui proses fisik, mikrobologi, atau enzimatik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Formulasi penyedap rasa alami berbahan dasar ikan teri (Stolephorus sp) dan tomat (Solanum lycopersicum). Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 1 faktorial. Penelitian ini terdiri dari 5 perlakuan berupa variasi perbandingan penambahan ikan teri dan tomat yang berbeda yaitu F1 (50,4 g : 33,6 g), F2 (54,6 g : 29,4 g), F3 (58,8 g : 25,2 g), F4 (63 g : 21 g ), F5 (67,2 g : 8 g). Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui uji organoleptik (uji kesukaan). Data dianalisis menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik sesuai dengan tingkat kesukaan panelis terhadap penyedap rasa alami berbahan dasar ikan teri dan tomat yaitu perlakuan F5 . Hasil organoleptik aroma penyedap memiliki nilai rerata tertinggi pada sampel F5 sebesar 3,65 sedangkan F1 sebesar 3,35. Warna penyedap pada sampel F5 sebesar 3,85 dan F1 sebesar 3,2, tekstur dari hasil organoleptik penyedap memiliki nilai rerata tertinggi pada F5 sebesar 3,75 dan F1 sebesar 3,3, rasa dari hasil organoleptik penyedap memiliki nilai rerata tertinggi pada sampel F5 sebesar 3,75 dan F1 sebesar 2,8.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

miyang

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Jurnal Miyang (J.Miy) : Ronggolawe Fisheries and Marine Science Journal merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Ronggolawe, Tuban, Indonesia. MIYANG Ronggolawe Fisheries and Marine Science terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan ...