Education, Language, and Culture Journal
Vol 3 No 3 (2023): December (EDULEC)

Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film “Sepatu Dahlan” Karya Benni Setiawan dan Manfaatnya Dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA

Abdul Malik Iskandar (Unknown)
Jalal (Unknown)
Hasanudin Kasim (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan dan manfaatnya dalam pembelajaran sosiologi di SMA. Jenis pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif metode deskriptif analisis dengan objek Film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi. Analisis data adalah analisis isi dengan menerapkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat lima nilai pendidikan karakter dalam Film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan yaitu nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa (Religius), nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan diri sendiri, nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan sesama manusia, nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan dan nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan kebangsaan. Sedangkan manfaatnya terhadap pembelaran sosiologi di SMA, diantaranya: memvisualisasikan konsep-konsep sosiologi, Pemahaman nilai-nilai sosial, Pembelajaran karakter, Peningkatan keterlibatan sosial, Pengenalan peran individu dalam masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edulecj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Welcome to the official EDULEC JOURNAL: Education, Language, and Culture website. As part of the spirit of disseminating Education, Language and Culture. EDULEC JOURNAL: Education, Language, Culture is a Journal which is a reference source for academics and practitioners in the field of education, ...