Jurnal Bunga Rampai Usia Emas
Vol 9, No 3: Desember 2023

Dampak Kegiatan Upacara Bendera untuk Mewujudkan Karakter Profil Pancasila Dimensi Mandiri pada Siswa di TK Dharma Wanita Mendalo Darat

Silvina, Silvina (Unknown)
Maryono, Maryono (Unknown)
Harianja, Sri Indriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter profil pelajar pancasila dimensi mandiri melalui upacara bendera pada anak kelompok B-1 di TK Dharma Wanita Mendalo Darat. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana dampak kegiatan upacara bendera untuk mewujudkan karakter mandiri anak kelompok B-1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dari wawancara dan data sekunder dari lokasi penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Uji validitas data dilakukan melalui triangulasi data. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif menurut Miles dan Huberman. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan upacara bendera untuk mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila dimensi mandiri pada siswa di TK Dharma Wanita Mendalo Darat memiliki dampak terhadap kemandirian anak, tetapi kurang signifikan, masih ada faktor-faktor yang lebih berpengaruh untuk mengembangkan kemandirian anak, salah satunya yaitu faktor lingkungan keluarga. Dalam proses pembentukan karakter kemandirian melalui upacara bendera berjalan dengan baik. Akan tetapi ada kendala dalam pelaksanaanya yaitu dari peserta didik, cuaca, maupun keadaan.Kata Kunci: kegiatan upacara bendera, kemandirian anak, anak usia diniĀ 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jhp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, yaitu: Penelitian dan/atau gagasan ide serta hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, meliputi pengembangan kognitif, fisik motorik, bahasa, nilai agama dan moral, sosial emosional, serta pengembangan seni dan kreativitas, ...