Abstrak Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam ekonomi merupakan masalah penting yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan terus menerus. Karena peran UMKM sangat penting, maka dilihat dari jumlah tenaga kerja yang terserap dapat mengurangi tingkat pengangguran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel 200 dan metode analisis yang digunakan adalah SEM menggunakan alat Smart-PLS versi 3.0. berdasarkan hasil penelitian bahwa karakteristik wirausaha dan modal usaha terhadap keberhasilan usaha terdapat pengaruh positif secara signifikan. Strategi pemasaran terhadap keberhasilan usaha berpengaruh postif dan signifikan, dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha terdapat pengaruh negatif secara signifikan. Dari uji mediasi menunjukkan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Non Mediation. Modal usaha terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Partial Mediation.kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Full Mediation. Strategi pemasaran terhadap keberhasilan usaha dimediasi perkembangan usaha dikatakan Partial Mediation. Kata kunci: karakteristik wirausaha, modal usaha, kemampuan usaha, strategi pemasaran, keberhasilan usaha dan perkembangan usaha, SEM-PLS
Copyrights © 2023