Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2024): Juni

Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Jahi, Mujahida (Unknown)
Irfan, Muhammad (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Hermuttaqien, Bhakti Prima Findiga (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) mengetahui gambaran pelaksannan pembelajaran di kelas menggunakan media Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu, (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPA peserta didik kelas V, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V UPT SDN 73 Sudu Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif jenis Quasi Eksperimental tipe Non-equivalent Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V UPT SDN 73 Sudu, sampelnya 22 kelas Va dan 21 kelas Vb dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data menggunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis inferensial menggunakan Independent Sampel t-Tes diperoleh nilai thitung = 4,522 > ttabel = 2,020 dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menggunakan media Augmented Reality berlangsung sangat efektif, (2) hasil tes peserta didik menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA peserta didik, (3) terdapat pengaruh penggunaan Media Augmented Reality terhadap hasil hasil belajar IPA peserta didik kelas V UPT SDN 73 Sudu Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, ...